Program Gerakan Bebas Pasung Bojonegoro Terus Ditingkatkan

0 139
Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Penderita pasung di desa Mulyoagung Bojonegoro

Penderita pasung di desa Mulyoagung Bojonegoro

MediaBojonegoro - Program Gerakan Indonesia bebas pasung sudah dicanangkan mulai Tahun 2010, dengan diterbitkannya UU Nomer 18 Tahun 2014, tentang Kesehatan jiwa.

Dari data yang Ada,  di Indonesia terdapat 400 ribu penduduk Indonesia yang menderita gangguan jiwa dan diperkirakan 57 ribu sampai 60 ribu diantaranya pernah mengalami pemasungan. Seperti yang dikutip dari tribunnews.com oleh peneliti CPMH UGM jogjakarta, Dr.  Diana Setiawati, mengemukakan bahwa kasus pemasungan pada penderita gangguan jiwa sering terjadi disebabkan kurangnya literasi masyarakat tentang kesehatan jiwa,  faktor sosial dan ekonomi serta sulitnya akses layanan kesehatan jiwa.

Gerakan Indonesia bebas pasung, perlu didukung oleh pemerintah pusat dan daerah  dengan mengidentifikasi temuan Kasus pasung ditunjuk daerah

Penanganan korban pasung psikotik berbasis keluarga merupakan pendampingan sosial korban pasung agar dapat mendapatkan penanganan sesuai dengan kondisi kehidupan layak, serta adanya kepedulian keluarga dan masyarakat.

Data di Kabupaten Bojonegoro,  saat Ini Jumlah penderita pasung terdata 37 Orang yang terdiri dari perawatan,  bebas pasung dan masih dipasung. Kesemuanya masih dipantau serta tetap dalam pengawasan, dan selalu diverifikasi perkembangnnya setiap bulan oleh petugas pendamping pasung.

Sasaran program pendampingan sosial korban pasung yang dilakukan pendampingan diantaranya adalah :

  1. Korban yang tidak dapat melakukan aktifitas sehari hari seperti makan dll (memerlukan bantuan orang lain)
  2. Tidak dapat menghidupi dan tidak memiliki sumber penghasilan tetap baik diri sendiri atau orang lain untuk memenuhi kehidupannya.
  3. Diutamakan dari keluarga fakir miskin.
  4. Terdaftar sebagai penduduk setempat.
  5. Tidak Sedang mendapatkan bantuan dari pemerintah atau lembaga social.

Sedangkan tujuan pendampingan dari kegiatan program pendamping pasung Ini adalah :

  1. Pendampingan terhadap sasaran program pendampingan sosial korban pasung terkait peggunaan dana bantuan dan kelancaran pencairan.
  2. Penggalian data tambahan korban pasung di lapangan.
  3. Memastikan perkembangan penerima pendampingan sosial korban pasung secara baik.
  4. Memberikan motivasi partisipasi keluarga, lingkungan pemerintah desa dan instansi terkait tentang pengembangan keberadaan program pendampingan sosial korban pasung.

Pipit Anggraini Putri, SE, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Bojonegoro, menjelaskan bahwa dengan diberikannya  program pendamping pasung Ini diharapkan korban pasung mendapatkan penanganan sesuai kondisi kehidupan yang layak normal serta dapat menumbuhkan kepekaan dan kepedulian keluarga juga masyarakat terhadap korban pasung, Sehingga sasaran program Indonesia bebas pasung dapat tercapai.

Pipit Anggraini Putri, Pendamping Pasung Kabupaten Bojonegoro yang ditunjuk dari Kementerian Sosial RI,  mengemukakan bahwa di Kabupaten Bojonegoro Program Gerakan bebas pasung telah dilakukan dengan memberikan program pelayanan rehabilitasi sosial. (Wahyu)

Pendampingan penderita pasung

Pendampingan penderita pasung


Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Category: Berita UmumTags: