Siap Bertugas, Anggota PPK dan PPS Resmi Dikukuhkan

0 611
Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

MediaBojonegoro.com

Bertempat di Gedung Serbaguna Bojonegoro, Kamis (23/11/2017) Sebanyak 140 anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan 1.290 anggota panitia pemungutan suara (PPS) untuk Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro Tahun 2018 dikukuhkan, tampak hadir dalam kesempatan ini jajaran aparat Keamanan baik TNI maupun Polri, DPRD dan beberapa tamu undangan lainnya.

Pelantikan ini sesuai Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bojonegoro Nomor : 20/PP.05.3-Kpt/3522/KPU-Kab/XI/2017 tentang pembentukan dan penetapan anggota PPK, dan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bojonegoro Nomor : 21/PP.05.3-Kpt/3522/KPU-Kab/XI/2017 tentang pembentukan dan penetapan anggota PPS.

Pelantikan diawali dengan pembacaan surat keputusan KPU Bojonegoro, kemudian pengucapan sumpah dan janji PPK dan PPS yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Bojonegoro, M. Abdim Munib, yang dilanjutkan dengan penandatangan berita acara pengambilan sumpah dan janji yang diwakili oleh perwakilan anggota PPK dan PPS. Prosesi akhir pelantikan PPK dan PPS oleh Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro penyerahan secara simbolis SK PPK dan PPS kepada perwakilan penerima.

Abdim Munib, Ketua KPU Bojonegoro, menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh anggota PPK dan PPS, saat ini sudah dimulai tahapan pemilihan umun serentak pada 2018 dan pemilihan umum serentak nasional pada 2019. Dengan sudah dilantik ini, lanjut dia, maka anggota PPS dan PPK tidak lagi bebas karena sudah diikat menjadi penyelenggara Pilkada dan harus bersikap netral.

Munib mengingatkan, pada 27 juli 2018 adalah gawe besar yakni pemilihan kepala daerah serentak. Sejak 2007- 2012, KPU Bojonegoro sukses menggelar pilkada. Jadi pihaknya berharap pada pelaksanaan pemilukada serentak di 2018 ini dapat terlaksana dengan lebih baik dan tidak ada masalah dikemudian hari.

Dia menjelaskan dalam proses serentak di tahun 2018 tidak hanya memilih Bupati dan Wakil Bupati semata, namun juga pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur sekaligus persiapan pemilihan umum serentak nasional. Karenanya Munib berpesan agar teknis untuk benar-benar dikuasai. "Kita akan menggelar bimbingan teknis agar bisa menjalankan tugas dengan baik, prinsip KPU adalah penyelenggara pemilu melayani dan tidak memberikan diskon.

Dalam hal ini akan memperlakukan semuanya dengan adil," kata Munib. Dia menuturkan, KPU pusat mencanangkan bahwa penyelenggaraan pemilu yang berintegritas yakni tata cara penyelenggaraan pemilu jelas dan terukur. Kedua tidak berpikir siapa yang akan menang, namun menyelenggarakan sesuai tata perundang undangan. Yakni melaksanakan semua tahapan sesuai tata perundang undangan yang berlaku. "Mari kita stabilitas dan keamanan di Bojonegoro bersama-sama," pesan Munib.

Asisten I Bidang Hukum dan Pemerintahan Pemkab Bojonegoro, Djoko Lukito, saat membacakan sambutan Bupati Bojonegoro menyampaikan, bahwa sumpah dan janji yang telah diucapkan hari ini agar dipahami. Menurut dia, tugas sebagai penyelenggara pemilu itu berat karena jujur dan adil, bukan siapa yang menang. "Tugas penyelenggara pemilu adalah bagaimana menyelenggarakan semua tahapan pemilu secara benar sesuai tata perundang undangan yang berlaku," pesan Djoko.

Pada kesempatan yang sama Djoko berpesan agar anggota PPK dan PPS yang dilantik untuk tetap menjaga integritas dan jangan berpihak kepada pihak manapun. Karena menjaga netralitas adalah kunci untuk sukses dan lancarnya pelaksanaan Pemilukada dan jika tidak integritas akan mencederai amanah yang sudah diberikan.

Selain itu agar senantiasa mensosialisasikan tahapan pemungutan suara kepada masyarakat umum. "Jangan lupa untuk senantiasa koordinasi dengan semua pihak. Jangan merasa egois atau merasa lebih paham yang nantinya ada kendala di lapangan dikemudian hari”, pesannya.

Kepada para kepala desa, Joko menghimbau agar memfasilitasi tempat pemungutan suara (TPS) sehingga terselenggara pemilukada secara maksimal dan terpilih pemimpin yang amanah dan bisa mewujudkan cita cita bangsa. (mdb/red)


Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Category: PemerintahanTags: