Siap Kerja, Mahasiswa Otomotif Ikuti Sertifikasi Keahlian di Malang

Peserta Sertifikasi Teknik Otomotif

mediaBojonegoro.com

Proses pembelajaran di lembaga pendidikan adalah membangun manusia untuk bisa berkiprah dan berprestasi sesuai dengan kompetensi masing-masing, bahkan selalu diupayakan berbagai cara dan kreatifitas untuk mengoptimalkan potensi mahasiswa agar siap bersaing di dunia kerja.

Begitu juga yang dilakukan Prodi Teknik Otomotif, PDD Polinema R-Akademi Komunitas Negeri (AKN) Bojonegoro. Untuk menyiapkan lulusan yang kompeten dan siap memasuki dunia kerja, kemarin Sabtu (11/11/2017), bertempat di kampus Politeknik Negeri Malang (Polinema), diselenggarakan sertifikasi keahlian otomotif roda 4.

Pelaksanaan sertifikasi keahlian ini dilakukan dua tahap, pertama ujian tulis dan kedua ujian praktek, dengan asesor dari Polinema. Setelah lulus mengikuti sertifikasi keahlian ini, maka mahasiswa akan diberikan sertifikat keahlian dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Saat dikonfirmasi mediaBojonegoro.com, Hamim Ngumborototo, Dosen Teknik Otomotif, mengatakan tujuan diselenggarakannya sertifikasi ini untuk memastikan dan memelihara kompetensi yang telah didapat melalui proses pembelajaran baik formal, non formal, pelatihan kerja, ataupun pengalaman kerja. Karena dalam dunia kerja kompetensi harus dipelihara, bukan hanya pernah kompeten, tetapi kompeten dan terus kompeten.

“Manfaat dari sertifikasi keahlian ini sebagai pendamping ijazah serta untuk menambah meyakinkan bahwa mahasiswa mempunyai kompetensi di bidangnya . Alasan memilih lembaga profesi yang terakreditasi, Politeknik Negeri Malang (Polinema) sebagai lembaga sertifikasi untuk memastikan kualitas dan infrastruktur selama pelatihan dan ujian kompetensi”, jelas pria yang juga sebagai ketua Gugus Kendali Mutu (GKM) Prodi Teknik Otomotif tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Arif Gijandono, Wakil Direktur bidang humas dan kerjasama, berharap setelah mendapatkan sertifikat tersebut mahasiswa lulusan AKN mampu bersaing didunia kerja, karena sertifikat ini diakui kompetensinya oleh industri se Indonesia. (bdn/red)

Category: PendidikanTags:
author
No Response

Leave a reply "Siap Kerja, Mahasiswa Otomotif Ikuti Sertifikasi Keahlian di Malang"