Tampilkan “Upacara Adat Wiwit”, SMKN 2 Raih Juara 1

0 418

mediaBojonegoro.com

Pawai budaya dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Bojonegoro ke 340 diselenggarakan hari ini, Minggu (8/10/2017). Diikuti 35 peserta dari kelompok jenjang SLTA, Perguruan Tinggi dan umum. Tema pawai budaya tahun ini adalah "Menjunjung Tinggi Nilai Nilai Budaya, Sejarah, Adat dan Tradisi Kearifan Lokal Dalam Upaya Membentuk Karakter Bangsa Untuk Mewujudkan Bojonegoro Bersatu Melangkah Maju".

Usai penyelenggaraan, dewan juri mengumumkan bahwa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 (SMK N 2) meraih juara 1 tingkat SMA/MA/SMK dengan nilai 263. Tema yang ditampilkan adalah Upacara Adat Wiwit. Sebagai kreator Dwi Pratiwi Pujiastuti, sedangkan sebagai penulis naskah Totok Sujadmiko.

Dwi Pratiwi Pujiastuti, kreator pawai budaya SMK N 2, menyampaikan tentang tema yang diangkat saat ini, menceritakan tentang Dewi Sri. Menurut kepercayaan sebagian masyarakat Jawa, Dewi Sri adalah dewi kesuburan yang memberikan kesejahteraan melalui segala sesuatu yang tumbuh dari tanah, utamanya padi. Dan bumi adalah sedulur sikep bagi orang Jawa. “Karenanya bumi dianggap sebagai saudara yang harus dihormati dan dijaga kelestariannya untuk kehidupan”, tutur guru seni budaya tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Totok Sujadmiko, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, sekaligus sebagai penulis naskah terbaik, menyatakan sangat bangga dan bersyukur atas raihan prestasi sebagai juara 1 pada pawai budaya tahun ini. “Terimakasih kepada seluruh panitia, guru dan siswa yang telah bekerjasama untuk menyajikan yang terbaik”, ungkapnya. (andi/bdn)

Category: PendidikanTags:
author
No Response

Leave a reply "Tampilkan “Upacara Adat Wiwit”, SMKN 2 Raih Juara 1"