R-AKN Bojonegoro : Menyongsong Kemandirian di Hari Jadi Yang Ke-5

Oleh: Dewi Nur Anggraini*)

19 September 2017, tepat lima tahun Rintisan AKN Bojonegoro beroperasi di bawah binaan Politeknik Negeri Malang. Kampus yang saat ini berlokasi di SMKN 1 Bojonegoro sebagai kampus 1 dan SMKN 2 Bojonegoro sebagai kampus 2 sudah menampung ribuan mahasiswa yang siap berperan dalam pengembangan teknologi dalam skala lokal maupun nasional. Dengan adanya Akademi Komunitas diharapkan dapat mendekatkan perguruan tinggi ke daerah dan juga memfasilitasi generasi muda dalam meningkatkankan keahliannya. Tidak hanya sebatas jargon AKADEMI KOMUNITAS PANTAS, tapi R-AKN Bojonegoro membuktikan bahwa Akademi Komunitas memang pantas, hal ini terbukti dengan banyaknya alumni yang mengisi posisi-posisi penting dalam berbagai instansi. Hal ini sejalan dengan tujuan didirikannya Akademi Komunitas yaitu mendekatkan pendidikan tinggi ke daerah yang diiringi dengan terciptanya tenaga kerja yang terampil untuk mengisi DU/DI.

Perjalanan R-AKN Bojonegoro untuk menjadi kampus mandiri sangatlah berliku dan banyak tentangan dari masyarakat yang kurang setuju. Walaupun demikian, perjuangan dari seluruh warga kampus, masyarakat luas, dan tentunya dukungan dari petinggi-petinggi yang salah satunya adalah bapak Drs. Suyoto M.Si selaku Bupati Bojonegoro untuk memperjuangkan kemandirian R-AKN Bojonegoro. Hal ini tidak lepas dari tujuan pendidikan nasional yang mengharuskan seluruh warga negara untuk mengenyam pendidikan, dan disambut dengan tujuan jangka panjang kabupaten Bojonegoro untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia dengan pendidikan, oleh sebab itu seluruh elemen masyarakat yang sadar akan pendidikan bersikukuh dan berjuang untuk mewujudkan kemandirian AKN Bojonegoro, termasuk Bupati Bojonegoro.

Untuk mempersiapkan kemandirian R-AKN Bojonegoro, pemerintah daerah telah menyediakan lahan dan juga membangun gedung diklat guna mendukung persyaratan yang telah disyaratkan menristekdikti kepada pemda. Dengan adanya lahan dan bangunan yang berlokasi di Dusun Kedungrejo Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander tersebut menunjukkan keseriusan Pemerintah Daerah Bojonegoro dalam mewujudkan kemandirian AKN Bojonegoro. Selain itu, pengelola juga bekerja keras dalam menyiapkan semua administrasi yang harus dilengkapi guna kemandirian AKN Bojonegoro. Kerja sama antara masyarakat, pemda, pengelola, dosen dan mahasiswa memegang peranan penting dalam mewujudkan kemandirian R-AKN Bojonegoro untuk menjadikan nyata mimpi adanya kampus negeri di bumi Angling Dharmo.

Selamat hari jadi R-AKN Bojonegroro, Semoga pada hari Jadi R-AKN Bojonegoro yang ke lima tahun ini R-AKN Bojonegoro benar benar menjadi AKN Bojonegoro yang mandiri, berdiri sendiri dari masyarakat Bojonegoro untuk Bojonegoro pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Dengan adanya AKN Bojonegoro yang mandiri dapat menjadikan masyarakat Bojonegoro semakin maju, berkembang, terampil dan bahagia. AKN Bojonegoro terus mencetak dan melahirkan calon-calon orang sukses dari Bojonegoro dan memberantas ketertinggalan pendidikan masyarakat Bojonegoro yang didasari oleh keterbatasan ekonomi. Karena kuliah bukan hanya popularitas kampus yang di cari tetapi juga ilmunya yang harus ditekuni. AKN Bojonegoro yang mandiri akan menjadi Akademi Komunitas yang benar-benar pantas, pantas dalam pembelajaran dan pantas ketika terjun ke masyarakat serta pantas bersaing dengan yang lain. AKADEMI KOMUNITAS "PANTAS, BOJONEGORO "MATOH"

*) Penulis adalah anggota UKM Jurnalistik R-AKN Bojonegoro

Category: Berita UmumTags:
author
No Response

Leave a reply "R-AKN Bojonegoro : Menyongsong Kemandirian di Hari Jadi Yang Ke-5"