Alas Tuo dan Sispala Kompas, Latihan Navigasi Darat sebagai Bekal Pecinta Alam

Latihan Navigasi Darat

mediaBojonegoro.Com

Sispala KOMPAS SMAN Model Terpadu Bojonegoro bersama Himapala Alas Tuo R-AKN Bojonegoro menggelar sharing materi sekaligus gladi posko materi tentang Navigasi Darat sebagai bekal menuju Diklatsar Sispala KOMPAS. Kegiatan tersebut diikuti 25 peserta dari kedua organisasi, kemarin Sabtu (9/9/2017)

Materi Navigasi Darat meliputi Orientasi Peta atau pengenalan Peta, Orientasi Medan, sampai beberapa metode navigasi dengan menggunakan kompas dan protaktor. Sebagai bekal menuju Diklatsar KOMPAS yang pertama.

Soe Hok Gie pernah berkata "Seseorang hanya dapat mencintai sesuatu secara sehat kalau ia mengenal obyeknya". Oleh karenanya seorang pecinta alam harus berkegiatan langsung di alam untuk menambah rasa cinta terhadap alam dan tanah air itu sendiri. Dalam melakukan kegiatan di alam bebas, tentu berbeda dengan melakukan kegiatan di lingkungan biasa. Dibutuhkan ilmu dan keterampilan yang bisa dijadikan bekal dalam berkegiatan. Maka dari itu seorang pecinta alam perlu belajar dan menguasai ilmu-ilmu yang berhubungan dengan alam, salah satunya navigasi darat.

"karena kurangnya pengetahuan tentang navigasi dan atas saran dari pembina untuk minta materi ke Alas Tuo untuk persiapan Diklatsar" ujar Ketum KOMPAS M. Edo edi S. Kelas XI IPS 2 yang memiliki hobi jelajah alam ini.

Metode penyampaian dan simulasi navigasi disesuaikan dengan permintaan teman-teman KOMPAS, diharapkan maksimal dengan penyampaian materi yang asik, santai, dan juga didukung oleh audio visual yang bagus serta dilanjutkan dengan simulasi navigasi di area SMT Bojonegoro pada sesi akhir. "Alhamdulillah antusiasme peserta cukup tinggi dan cepat memahami", lanjut Ramini Waketum Alas Tuo

"Penyampaian materinya asik, sehingga peserta antusias dengan materi yang disampaikan dan tujuan materi ini untuk bekal menuju Diklatsar yang pertama ", sambung Samsul Arifin sebagai pembina Sispala Kompas

"perlu belajar lebih lanjut karena baru pertama kali menerima materi tentang Navigasi Darat", imbuh Inasa anggota KOMPAS yang duduk di kelas XI IPS 2 yang dari awal sangat antusias mengikuti rangkaian acara. (Plung-BTT/Dept.Humas-AT)

Category: PendidikanTags:
author
No Response

Leave a reply "Alas Tuo dan Sispala Kompas, Latihan Navigasi Darat sebagai Bekal Pecinta Alam"