Teknik Khitan Modern Dengan “Mahdian Klem”

0 161

mediaBojonegoro.com

Khitan merupakan tindakan bedah yang tertua dan tersering dilakukan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Jika dahulu khitan dilakukan oleh dukun khitan tradisional, saat ini lebih banyak masyarakat yang memilih untuk mengkhitankan anaknya ke dokter. Dengan demikian, timbul kebutuhan akan teknik khitan modern yang lebih aman dan nyaman, dengan biaya yang tetap terjangkau. Mahdian Klem menjawab kebutuhan ini.

Sirkumsisi atau khitan adalah tindakan pembedahan untuk menghilangkan sebagian kulit yang menutupi kepala penis. Seiring perkembangan zaman dan meningkatnya pengetahuan masyarakat mengenai manfaat khitan, sirkumsisi kini tidak hanya terbatas bagi agama atau kelompok tertentu. Sejumlah pria di negara barat, misalnya, turut dikhitan karena alasan kesehatan seperti fimosis, parafimosis, balanitis, postitis, menghindari kejadian kondiloma akuminata dan kanker penis.

Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan prosedur khitan cukup bervariasi. Bagi dokter yang berpengalaman untuk  mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit, sementara ada juga yang membutuhkan waktu hingga 45 menit. Proses penyembuhan luka khitan sendiri biasanya memerlukan waktu 5 hingga 7 hari.

Ada beberapa teknik khitan yang dikenal saat ini, diantaranya khitan tradisional, konvensional (sayatan), dan modern, termasuk klem. Namun belakangan metode klem menjadi salah satu dari sekian banyak metode yang paling diminati dan popular di dunia, Selain proses khitan yang lebih mudah dan cepat, teknik klem juga memiliki beberapa keunggulan seperti perdarahan minimal, tanpa jahitan, proses penyembuhan luka yang relatif lebih cepat dibandingkan dengan khitan konvensional (sayatan), serta higienis dan aman.

KEUNGGULAN DARI MAHDIAN KLEM

  1. Tabung bagian dalam

Tabung Mahdian Klem dibuat dengan teknologi tinggi sehingga menjadikan permukaan tabung atau tidak tajam, keunggulan ini tentunya akan memberikan keamanan yang lebih kepada pasien khitan jika menggunakan Mahdian Klem. Selain itu, bagian dalam Mahdian Klem memiliki Pelindung frenulum (frenulum protector) untuk menghindari pasien kesulitan berkemih dan menghindari terjadinya luka dehiscen terutama didaerah bawah (arah jam enam).

Mahdian Klem memiliki kemiringan tabung sesuai dengan anatomis glans penis anak indonesia, Lubang (tube hole) dikedua sisi memudahkan penarikan prepusium, menjaga kelembapan luka dan memudahkan perawatan/pembersihan luka paska khitan.   Pengarah (steering notch) memudahkan pemasangan tabung dan klem.

  1. Penjepit Klem

Dengan material yang kokoh dan kuat akan menjamin daya jepit maksimal untuk hasil yang baik secara medis dan memuaskan secara kosmetik, tidak memerlukan rotasi saat pemasangan tabung dan penjepit klem. Daya jepit yang kuat menghasilkan nekrotik yang tipis sehingga luka khitan lebih cepat sembuh, hasil khitan menggunakan Mahdian Klem pun lebih baik secara estetis.

  1. Sekrup Pengunci

Pada Mahdian Klem sistem penguncian ulir searah (irreversible locking system) menghindari pemakaian ulang klem untuk menjaga keamanan akan tindakan khitan, sistem penguncian didesain lebih mudah agar gampang diaplikasikan namun aman. (mdb/red)

 

Category: KesehatanTags:
author
No Response

Leave a reply "Teknik Khitan Modern Dengan “Mahdian Klem”"