Masyarakat Pariwisata Indonesia, Kembangkan Wisata Sosiologi

mediaBojonegoro.com

Obyek wisata di Bojonegoro, sangat banyak ragamnya, mulai dari wisata alam, buatan, edukasi bahkan kulinernya. Menurut ketua Masyarakat Pariwisata Indonesia, Wahyu Setiawan, saat dikonfirmasi mediaBojonegoro.com hari ini (6/7), menjelaskan bahwa terdapat wisata sosiologi  budaya yang sangat unik dan beda dengan kabupaten lain di luar bojonegoro, yaitu budaya dan kehidupan suku samin bojonegoro.

“Suku samin merupakan sebuah komunitas yang pada saat jaman dahulu merupakan simbol perlawanan terhadap penjajah kolonial, saya sering mengantarkan wisatawan ke margomulyo, tepatnya di Dusun Jepang, dengan tujuan beragam diantaranya riset, studi sosial atau hanya sekedar bersilaturohim dengan sesepuh masyarakat samin yaitu mbah harjo kardi”, tutur Wahyu.

Lebih lanjut menurut Wahyu Setiawan, banyak pesan moral yang kita terima, wejangan hidup dengan penuh kesahajaan dan kesederhanaan. Kunjungan kemasyarakat samin , yang terbanyak adalah dari kalangan mahasiswa yang sedang melakukan riset penelitian tentang antropologi maupun sosiologi budaya.

“Dengan menjadi obyek destinasi wisata andalan Bojonegoro, menjadi peluang baru untuk perkembangan kepariwisataan dan kesejahteraan masyarakat melalui pariwisata”, demikian tutur pria yang juga pengusaha travel di Bojonegoro ini. (ws)

Category: WisataTags:
author
No Response

Leave a reply "Masyarakat Pariwisata Indonesia, Kembangkan Wisata Sosiologi"